Worm Komputer Adalah Virus


Pernah terkena virus komputer? Tentu sebagian dari kamu pernah mengalami frustrasi ketika komputer atau laptop diserang program atau kode jahat yang mengakibatkan banyak kerugian, bahkan kehilangan banyak file dan data penting didalam komputer. Sebagian besar orang hanya mengenal istilah ‘virus komputer’untuk menyebut biang perusak program komputer ini. Namun tahukah kamu bahwa ada berbagai program yang dapat menginfeksi atau merusak komputer kamu? 

Worm adalah malware yang dapat mengaktifkan dirinya sendiri tanpa bantuan pihak ketiga. Artinya, jika worm sudah memasuki komputer atau jaringan komputer, maka worm dapat berpindah ke komputer lain dalam jaringan secara otomatis tanpa dicegah oleh pemilik komputer lain yang ada di jaringan tersebut.

Lalu, untuk apa seseorang membuat virus apabila bisa membuat worm? Worm hanya bisa menyerang komputer ketika ia menemukan celah keamanan (vulnerability) sebuah software yang ada di komputer tersebut, misalnya : Windows Office, Adobe, Winamp, atau software populer lainnya yang sering menjadi sasaran. Worm tidak dapat menyerang dan menginfeksi komputer yang tidak memiliki celah keamanan atau apabila celah tersebut sudah diperbaiki, sehingga diperlukan virus untuk menyerang komputer tersebut.

Spyware adalah program komputer yang dibuat untuk memata-matai komputer korban. Awalnya, spyware ini digunakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan penggunaannya dalam menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengguna komputer tersebut.

No comments:

Post a Comment