Cara Meloloh LoveBird Dengan Benar

 meloloh lovebird
Menggunakan sendok 

Cara Meloloh LoveBird Dengan Benar dengan cara ini, yaitu menyodorkan sendok yang sudah diberi pakan pada piyik lovebird. Di sendokkan Sisi sendok dibuat melengkung seukuran paruh bawah burung dewasa. Diperlukan beberapa sendok sesuai kebutuhan. Cara ini sangat mudah dan disarankan untuk pemula, agar dapat memperkecil risiko terlalu banyak pakan yang dilolohkan maupun tersedak. Peralatan juga dapat di disenfektan dengan mudah.Metode ini biasanya bisa digunakan ketika piyik lovebird sudah mulai lancar berdirinya , biasanya diatas umur 20 hari. Kekurangan dari metode ini bila yang akan kita HF berjumlah banyak cukup memakan waktu yang lama karena kita harus bersabar mengikuti keinginan si piyekan. 

 meloloh lovebirs pake sendok
Menggunakan bekas botol 

Meloloh, metode ini lebih umum di gunakan karena lebih mudah, aman dan sampai dengan saat ini saya memakai metode ini cuman kita harus ekstra sabar. Untuk piyikan umur dibawah 2 minggu metode ini sangat aman. Kekurangan dari metode ini bila yang akan kita HF berjumlah banyak juga cukup memakan waktu yang lama karena kita harus bersabar mengikuti keinginan si piyikan. 


Menggunakan suntikan 

Modifikasi mengganti jarumnya dengan pentil sepeda. Handfeeding anakan lovebird menggunakan spet dengan karet angin merupakan metode yang paling banyak digunakan breeder di Indonesia. Dalam metode ini, proses pelolohan menggunakan alat bantu spet (spuit) yang bisa dibeli di toko unggas maupun toko kimia. Pilihlah spuit yang berukuran kecil (volume 50 ml atau 100 ml). Cabut jarumnya dari ujung spet, kemudian diganti dengan karet angina/ pentil sepeda. Karet angin merupakan istilah yang kerap digunakan para penangkar burung. Handfeeding menggunakan spet dengan pentil sepeda lebih dianjurkan untuk anakan lovebird yang berumur 14-20 hari. Sebab ujung saluran pencernaannya, yaitu kerongkongan, masih sangat kecil. Metode ini tidak disarankan untuk pemula. 

 meloloh lovebird pake jarum sunti
Metode ini saya rasa perlu mempunyai keahlian khusus sebab pentil sepeda kita masukkan dari mulut sampai ke tembolok piyekan, baru kita tekan untuk memasukkan makanannya. Kelebihan metode ini cukup cepat dalam pemberian makanan tapi jika tidak hati – hati burung bisa tersendak, tenggorokan luka dan mati. Untuk meloloh piyikan lovebird umur dibawah 14 hari, penulis sangat tidak menyarankan menggunakan metode ini. Untuk meloloh burung dibawah umur 14 hari penulis menyarankan meloloh Menggunakan bekas botol cuka yang dipotong/ dimodifikasi ujungnya.

Bahan adonan untuk anakan lovebird banyak tersedia di toko-toko bahan makanan burung ataupun makanan bayi. Pilihlah bahan adonan yang paling mudah Anda dapatkan. Menu bubuk makanan untuk anakan burung atau bubur bayi merupakan menu yang paling mudah diperoleh. Periksa tanggal kadaluwarsa pada bungkusnya. Sekali waktu sayur kangkung, jagung muda yang telah diblender dapat pula menjadi bahan adonan makanan anakan burung lovebird. Untuk meraup dan menghasil kan uang yang lebih banyak dengan cara mengolah pakan untuk piyikan lovebird itu sendiri memang gampang-gampang susah apalagi jika kita tidak mengetahui cara dan trik nya. Saya akan berbagi sedikit tentang menu oplosan pakan untuk meloloh anakan lovebird yang telah lama di gunakan oleh kebanyakan para penangkar lovebird dinegeri ini. Bahan – bahan yang dibutuhkan 
  1. 2 bungkus bubur bayi beras merah @120g 
  2. 1bungkus bubur bayi kacang hijau@120g 
  3. 1 bungkus pakan burung fancy rumput laut @450g 
  4. 1 bungkus pakan burung clasic rumput laut @400g 
  5. Pakan ayam 511/BR 1 @100g

Tips Budidaya Ternak Burung LoveBird



No comments:

Post a Comment