Melatih Mental Murai Batu Menjadi Petarung



Murai batu adalah jenis burung petarung yang hebat, suara kicaunya keras dan merdu.Untuk mendapatkan burung murai batu yang prospek, tentu tidak terlepas dari bagaimana si pemilik merawat dan memelihara murai batu tersebut.  

Titik fokus bagi penghobi dalam melatih mental murai batu peliharaannya adalah tentang bagaimana melatih mental agar tidak mudah down saat bertarung. Mental menjadi kunci utama yang akan menentukan sampai sejauh mana burung ini bisa bertahan.

Ketelatenan

Perlu ketelatenan  pemilik dalam melatih mental  mempengaruhi kualitas dari murai batu tersebut. Guna melatih mental, beberapa penghobi yang sudah pengalaman banyak diantaranya melakukan dengan cara dan tekniknya masing-masing. Anda juga bisa menerapkan cara yang dilakukan mereka, asal anda melakukannya dengan baik dan benar.

Buka tutup krakap/krodong

Sebelumnya anda memerlukan 2-3  murai batu lain yang sudah mapan dalam bertarung sebagai pancingan bagi murai batu yang bermental down. Anda dapat meminta bantuan teman untuk memakai murai batu miliknya.

Memancing mental 

Yang dimaksud adalah  untuk memancing mental  yang lemah agar berkicau. Apabila  dalam kerodong tadi bisa terpancing biarkan beberapa saat seperti itu, tidak perlu terburu-buru untuk membuka kerodongnya.Biarkan kembali dengan full kerodong selama 10-15 menit. Setelah itu, masih dengan semangat tarungnya yang naik, buka kembali Kerodong secara penuh, buka selama 30 detik, terus tutup lagi. Dan bawa kandang menjauh dari keramaian  lainnya, biarkan berkicau sendiri.

Pengamatan

Saat melakukan teknik ini anda dapat mengamati suara kicauan yang dikeluarkannya, apakah masih dengan nada kicauan biasa atau sudah berubah ke nada kicauan bertarung. Jika kicauan yang dikeluarkannya masih bernada biasa, lakukan lagi treatment ini 3 hari ke depannya atau seminggu 2 kali. Baru, ketika anda merasa sudah mengalami perubahan ke arah suara tarung bagi murai batu, terapi mental ini boleh anda cobakan dengan menyandingkan  pada  murai batu lainnya yang sudah mapan untuk lebih menyempurnakan mental dalam menghadapi  lawan yang berbeda-beda.

baca juga :

Tips Simple bertenak Murai Batu SuksesResep Makan Murai Batu Sang Jawara


1 comment: