Cara Memilih Branjangan Bakalan Yang Baik Dan Benar


Langkah awal memilih burung branjangan adalah jenis kelamin. Burung Brajangan yang bagus pilih berkelamin jantan. Walau suara dan lagu branjangan jantan dan betina hampir sama tapi Branjangan jantan lebih unggul dari stamina yaitu suara tidak putus. Belum bisa membedakan Brajangan jantan betina baca cara membedakan branjangan jantan atau betina.

Setelah memilih kelamin jantan baru lihat fisik burung secara keseluruhan mulai dari kepala sampai kaki.


Berikut ciri-ciri atau cara memilih Branjangan yang baik :

  • Bentuk Paruh
Bentuk paruh paruh besar tebal dan panjang dengan paruh atas lengkung sedikit atau bentuk paruh besar pendek, bentuk paruh seperti ini biasanya mempunyai volume suara baik dan kombinasi lagu yang baik ngerol dan nembak. Cuman perlu kesabaran melatih burung seperti ini karena butuh waktu lama tapi kalau sudah jadi biasanya paruh seperti ini mempunyai kelebihan diatas rata-rata.

Bentuk paruh panjang dan tipis, biasanya Branjangan paruh seperti ini mempunyai lagu ngerol nembak dan Kristal, tapi volume suara tidak tidak terlalu bagus pas-pasan dan lagu juga kurang jelas. Tapi burung seperti ini cepat jadi, tidak butuh waktu terlalu lama cocok bagi yang tidak sabar menunggu.

  • Bentuk Kepala

Pilih burung Branjangan dengan bentuk kepala besar dengan pangkal paruh lebar dan terlihat bentuk kotak. Branjangan bentuk kepala seperti ini biasanya cepat meniru suara masteran, boleh dicoba

  • Bentuk Hidung

Pilih burung Branjangan dengan lubang hidung kecil, dengan lubang memiliki nafas panjang jadi kalau membawakan lagu lama panjang, suara Kristal.

  • Bentuk Mata

Cari juga yang mempunyai mata penglihatan yang tajam besar melotot bersinar terang. Pokoknya kelihatan sehat dan tajam.

  • Bentuk Ekor

Pilih juga yang mempunyai ekor serasi, ekor panjang.Ekor juga harus rapi tidak kusut menyatu,  tidak terbuka atau berbentuk kipas. Burung seperti ini biasanya memiliki mental bagus dan tidak gampang kaget.

  • Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh Branjangan yang baik adalah serasi kekar tapi tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil. Mempunyai dada bidang dan berdiri tegap. Burrung seperti ini baik dan mental bagus.

  • Bentuk Kaki

Pada umumnya bentuk kaki burung yang baik adalah panjang dan kering.

No comments:

Post a Comment