Rahasia Sukses Berternak Sapi

Berternak sapi menjadi salah satu hal yang banyak diminati masyarakat. Pasalnya, usaha sapi memang sangat berpotensi untuk memberikan keuntungan yang besar mengingat harga daging sapi yang tinggi dengan tingkat konsumsi masyarakat Indonesia yang juga tinggi. Peternakan sapi sendiri meskipun telah tersedia cara budidaya modern yang bisa digunakan, mayoritas peternak masih menggunakan cara tradisional karena cenderung lebih terjangkau. Bagi anda yang tertarik untuk melakukan usaha peternakan sapi, bisa menyimak langkah-langkah berikut ini :


  • Memilih bakalan, anda harus bisa memilih bakalan dengan baik karena ini sangat berpengaruh pada hasil ternak anda. ada beberapa ciri yang bisa anda jadikan patokan dalam memilih bakalan seperti usia bakalan yang tidak kurang dari 2,5 tahun, jantan, bentuk tubuh yang baik, kotorannya normal dan pandangan matanya cerah dan tidak redup seperti sakit. 

  • Pakan sapi yang bisa anda gunakan adalah hijauan seperti jerami, daun jagung, daun tebu, rerumputan, alang-alang. Kemudian ada juga pakan yang berkualitas seperti rumput gajah dan kolonjono. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, anda sebaiknya memberikan juga pakan konsentrat disamping pakan hijauan. Konsentrat ini bisa anda temukan pada ampas tebu, ampas tahu, bekatul dan lainnya.

  • Pencegahan penyakit ini bisa anda lakukan dengan melakukan karantina pada bakalan sapi yang baru untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit. Dalam tahap ini, anda bisa memberinya obat cacing karena mayoritas sapi mengalami cacingan. Anda juga harus senantiasa menjaga kebersihan bakalan beserta kandangnya agar terhindar dari virus dan bakteri yang berkembang.

  • Vaksinasi pada sapi bakalan baru juga sangat diperlukan untuk menghindari serangan penyakit yang seringkali menyerang sapi. 

Terimakasih semoga bermanfaat.. 

No comments:

Post a Comment