Resep Makan Murai Batu Sang Jawara


http://indahnyaberkebun.blogspot.co.id/2016/08/resep-makan-murai-batu-sang-jawara.html

Apa yg diberikan oleh para penghobi burung ialah dengan rutin memandikan, menjemur, dan selalu menjaga kebersihan kandang. Pemandian burung biasa dilakukan di pagi hari.dan di sore hari selama panas matahari belum terbenam. Setelah dimandikan, burung bisa segera dijemur atau hanya diangin-anginkan saja. Akan tetapi sebelum proses penjemuran berlangsung, ada baiknya jika sangkar dibersihkan terlebih dahulu, dan kebutuhan pakan atau makanan murai batu disediakan sekiranya tercukupi saat sedang dijemur.supaya burung bisa merasa lebih nyaman.
 
  • Jangkrik
Serangga ini sangat baik untuk diberikan karena mengandung kadar protein tinggi yang berguna untuk meningkatkan birahi burung sehingga lekas buka paruh.
  • Kroto
Telur semut (umumnya rang-rang). Sebagian penghobi burung meyakini bahwa jenis pakan ini mampu menjaga suhu tubuh burung agar senentiasa hangat meskipun di malam hari. Akan tetapi untuk kroto harus diberikan dengan ekstra hati-hati. Jika disajikan secara berlebih atau dengan porsi tinggi, banyak yang percaya bahwa dapat membuat burung over birahi sehingga justru membuatnya justru cenderung macet bunyi dan bahkan bisa berdampak pada masa mabung yang tidak tepat pada waktunya.
  • Ulat
Ulat juga memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Adapun beberapa jenis ulat yang kerap diberikan oleh kicau mania antara lain ulat hongkong, ulat bambu, ulat kandang, ulat daun pisang, ulat pohon, ulat kayu, dan lain sebagainya. Untuk takaran penyajian, bisa disesuaikan dengan karakter burung.
  • Cacing
Sebelum disajikan kepada burung, ada baiknya jika cacing steril dari berbagi kotoran, cara membersihkan-nya adalah dengan direndam pada air yang bersih. Disamping itu, selalu berikan cacing dengan kondisi yang masih bagus atau segar. Apabila sudah berbau atau membusuk, sebaiknya jangan disajikan karena akan berdampak buruk bagi sistem pencernaan burung.
  • Voer
Pakan buatan yang baik bagi kebutuhan adalah voer atau yang umum disebut poor. Jenis pakan kering ini bisa disajikan kepada burung setiap hari. Akan tetapi yang perlu dipertimbangkan adalah pada kandungan kadar protein yang ada di dalam voer itu sendiri. 

baca juga..

No comments:

Post a Comment