Anthurium Jemani Kobra

https://indahnyaberkebun.blogspot.co.id/2016/08/anthurium-jemani-kobra.html


Jemani jenis ini adalah varian yang menyerupai tanaman hias Anthurium. Jumlahnya sedikit yang menyebabkan para penghobi tanaman hias semakin penasaran ingin mengetahui jenis Jemani ini dan bermaksud untuk mengoleksinya. Karena tergolong jenis Jemani yang istimewa dan langka, maka harganya pun menjadi mahal. 

Ciri-ciri fisik yang mudah dikenali terhadap jenis Jemani Kobra adalah bentuk batang yang membentuk lekuk-lekukan cantik dan daunnya yang unik. Lekuk serta bentuk daunnya menyerupai leher ular sendok/kobra yang sedang memangsa lawannya. Warna daun hijau segar, bersih dan ada yang hijau pekat atau hijau muda dengan variasi bintik-bintik berwarna-warni, ujung daunnya cenderung meruncing. 

Memiliki garis urat daun yang jelas berawal dari bawah ke atas dan berada ditengah-tengah. Urat daun yang berada di pinggirnya sambung-menyambung membentuk garis tepi daun. Pada musim semi, banyak tumbuh pucuk daun yang muncul dengan cantik berwarna hijau dan tidak banyak mengalami perubahan setelah daunnya berkembang menjadi tua. Karena jenis ini merupakan favorit pengkoleksi tanaman hias mahal yang sangat diburu, maka di pasaran banyak muncul Jemani Kobra palsu. Hati-hati jangan sampai tertipu dengan yang model-model Jemani Kobra silangan atau mutasi.

Agar tidak tertipu, perhatikan model lekukan dan gelombang daunnya. Yang palsu biasanya lekuk daun cenderung lurus (lekuknya tidak terlihat jelas) dan berbentuk bundar. Sedangkan yang aslinya adalah lancip.

No comments:

Post a Comment