Tips Sukses Berternak Kambing Gembel





Kambing gembel adalah salah satu jenis kambing yang memiliki ciri-ciri khusus seperti bulunya yang panjang dan gimbal, maka tak heran jika kambing jenis ini sering juga dipanggil dengan sebutan kambing gimbal. Pada umumnya, warna bulu kambing gembel yakni putih dan tubuhnya cukup besar. Dengan hasil daging yang jumlahnya lebih banyak dari yang bisa dihasilkan oleh kambing biasa, budidaya kambing gembel bisa menjadi salah satu pilihan usaha dalam bidang bisnis peternakan yang bisa menghasilkan keuntungan cukup besar.

Peluang Ternak

Hasil dari budidaya kambing gembel cukup menggiurkan, apalagi Indonesia adalah negara dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia. Selain untuk mencukupi kebutuhan konsumsi daging kambing bagi masyarakat Indonesia yang cukup tinggi pada umumnya, kegiatan keagamaan umat Islam yang diadakan tiap tahun (Idul Adha) juga membuat bisnis budidaya kambing gembel selalu memiliki masa depan atau prospek yang cerah. Dengan terbukanya kesempatan bisnis ternak kambing secara lebar ini, maka ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus untuk kita manfaatkan.

Ada beberapa faktor pendukung yang menguntungkan yang bisa kita jadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk memulai usaha ternak atau budidaya kambing gembel ini. Faktor yang pertama yaitu cara budidaya kambing gembel cukup sederhana dan apabila kita masih belum memiliki pengalaman maka kita bisa segera belajar dengan mudah dan cukup cepat. Kemudian, usaha peternakan kambing gembel saat ini telah secara umum dilakukan oleh banyak masyarakat sehingga kita bisa dengan mudah bertukar pengalaman dengan para peternak lain untuk mengembangkan usaha ini.

Mengenai telah banyaknya peternak kambing gembel, maka kita tidak perlu khawatir akan persaingan yang mungkin akan terjadi. Hal ini karena pasar untuk daging kambing gembeldi Indonesia terbuka sangat lebar seperti yang telah kita bahas sebelumnya tadi. Faktor pendukung yang selanjutnya yaitu bahwa pakan kambing gembel bisa kita dapatkan dengan mudah dan murah di negara kita ini. Tentu saja ini adalah salah satu bahan pertimbangan penting yang harus dipikirkan, karena jika pakan sulit didapat maka keperluan untuk mensuplai pakan ternak kita akan semakin memakan biaya dan tenaga.

Tips Beternak 

Bagi Anda sekalian yang mungkin masih merupakan para pemula yang ingin menjalankan bisnis ternak kambing gembel ini, di bawah ini kita akan membahas secara singkat mengenai beberapa tips yang bisa kita jadikan pedoman dalam menjalankan usaha budidaya kambing ini. Beberapa tips yang akan kita bahas yakni diantaranya mengenai proses pembibitan dan juga cara beternak kambing gembel. Kalau begitu langsung saja, berikut adalah beberapa tips mengenai cara budidaya kambing gembel.

Pakan 

Banyak jenis bahan dasar yang nantinya dapat di olah menjadi pakan kambing gembel, hal ini tentunya juga tergantung dengan kondisi lingkungan sekitar. Apabila di area tempat tinggal Kita persawahan maka tentunya akan banyak jerami, dan dengan ini jerami dapat di jadikan bahan dasar membuat pakan ternak kambing gembel. Yang paling bagus dalam hal kandungan gizi adalah jerami kangkung, dan untuk jerami padi juga bagus, tetapi tidaklah sebagus kandungan gizi dalam jerami kangkung. Jika menggunakan jerami untuk pakan ternak maka hendaknya berhati-hati karena ada bagian padi yang bisa merusak rumen binatang ternak. Hal tersebut dapat kita lihat secara kasat mata dengan bentuk kambing yang hanya gemuk perutnya saja.

Bahan-Bahan yang bisa digunakan untuk membuat pakan buatan ternak kambing gembel adalah sebagai berikut :

  • Jerami, hasil dari tumbuhan pertanian (seperti padi, jagung (tebon), tebu (momol), kangkung, kedelai dan masih banyak lagi)
  • Kulit dari umbi-umbian seperti kulit ketela, kulit ubi rambat.
  • Kulit kacang-kacangan kulit kacang tanah, kulit kopi, kulit rambutan.
  • Sisa sayur-sayuran, agar lebih hemat bisa mengambil dari sisa sayuran pasar.
  • Daun tumbuh-tumbuhan baik yang sudah kering atau belum kering seperti daun lamtoro, daun jambu, daun pisang.


Bahan-bahan dasar diatas sebelumnya harus di fermentasi terlebih dahulu agar kambing gembel doyan memakannya dan juga bagus untuk kandungan gizi di dalamnya.

Kandang




Kandang sebagai tempat untuk merawat kambing gembel agar dapat berkembang biak dan bertumbuh secara optimal. Dalam pembuatan kandang tidaklah perlu pusing, karena kambing gibas adalah salah satu jenis kambing yang hidup dengan bergerombol dan tentunya akan lebih nyaman apabila kandang yang akan kita buat tidak terlalu besar agar lebih menghemat lahan. Cukup dengan ukuran kandang 3 x 1,5 sudah mampu menampung 10 ekor kambing gembel, ukuran ini adalah ukuran kandang yang pas untuk kambing yang hidup bergerombol.

Model kandang kambing gembel yang baik adalah dengan model kandang panggung, kambing di posisikan diatas (tidak menyentuh tanah/panggung). Jika saya cermati para peternak kambing gembel membuatkan kandang hanya dengan rumah kayu (masih di tanah), hal ini tidaklah bagus dalam perkembangan kambing gembel. Ruang gerak dan posisi saat makan juga berpengaruh terhadap pencernaan kambing, selain ini yang perlu di perhatikan agar kandang selalu bersih dari kotorannya, kandang panggung adalah solusi tepat. Kotoran nantinya juga wajib di buang di pembuangan kotoran setiap harinya, buatkan pembuangan kotoran khusus agar nantinya mudah untuk di eksekusi untuk pupuk organik.


Pembibitan 

Untuk proses pembibitan, kita perlu memastikan bahwa bibit kambing gembel kita adalah bibit unggul yang akan membuat hasil dari budidaya kambing yang kita lakukan kian bagus. Bibit bisa kita dapatkan dari membeli maupun mengawinkan sendiri kambing gembel pejantan dengan kambing gembel betina unggulan. Dalam pembibitan, biasanya seekor kambing gembel jantan unggulan bisa kita pasangkan dengan sekitar empat ekor kambing gembel betina unggulan di dalam satu kandang yang besarnya cukup. Jika diketahui telah ada kambing betina yang bunting, maka kita harus segera memisahkannya ke kandang sendiri.

Cara Beternak 

Cara beternak kambing gembel secara umum sama saja dengan cara ternak untuk kambing biasa. Yang harus selalu kita awasi yaitu kebersihan kandang dan suplai makanan yang mencukupi. Selain itu, kita juga hendaknya memberikan nutrisi tambahan kepada kambing berupa pakan konsentrat dan memberikan suntikan vitamin. Jika kita memiliki lahan terbuka yang cukup luas, maka sebaiknya kita secara rutin melepaskan kambing supaya bebas berkeliaran dan makan rumput, yang tentunya kita lakukan dengan pengamanan dan pengawasan. Hal tersebut dimaksudkan supaya kambing tidak stress.

Baca Juga : Tips Sukses Dalam Berternak Kambing JawaTips Rahasia Budidaya Kambing Etawa

No comments:

Post a Comment