Mawar Ratu Tanaman Bunga

https://indahnyaberkebun.blogspot.co.id/2016/08/mawar-ratu-tanaman-bunga.html

Mawar ratu tanaman bunga, karena bunganya memiliki kelopak bentuk yang sangat indah dan aroma yang khas. Banyak orang yang ingin menanamnya di rumah.

Menanam bunga mawar itu memang agak sulit jika tidak tahu, tetapi bisa menjadi mudah jika sudah mengetahui. Menanam bunga mawar memang memerlukan perlakuan khusus, dia tidak bisa dirawat hanya dengan cukup menyiramkan air setiap pagi dan sore. Tetapi terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah tanaman mawar harus ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari agar kegiatan fotosintesis bisa terlaksana dengan baik.

Cara merawat mawar agar rajin berbunga lainnya adalah dengan memberikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan mawar tersebut. Nutrisi tersebut adalah pupuk, pupuk yang paling baik adalah pupuk kandang atau pupuk alami yang dihasilkan dari kotoran hewan. Akan tetapi, jika Anda kesulitan mendapatkan pupuk jenis tersebut, bisa menggunakan pupuk NPK (pupuk kimia) yang mengandung unsur hara utama yakni nitrogen yang membantu pertumbuhan vegetatif terutama daun, fosfor yang membantu pertumbuhan akar dan tunas, serta kalium yang dapat membantu pembungaan dan pembuahan. Akan tetapi, aplikasi penggunaan pupuk NPK ini tidak boleh terlalu sering digunakan dan tidak boleh terlalu banyak diberikan untuk setiap tanaman mawar, karena jika over dosis, tanaman mawar Anda malah bisa menjadi kering.
 
Penyiraman harus dilakukan sebanyak 2 kali dalam 1 hari jika cuaca sedang panas dan hanya dilakukan sekali dipagi harinya jika cuaca tidak panas. Jika hujan setiap hari terlebih jika tanaman mawar Anda terkena langsung air hujan, maka disarankan untuk menyemprot daun serta bunganya dengan air biasa segera setelah hujan reda , karena air hujan bersifat agak keras khususnya untuk tanaman bunga mawar. Alternatif kedua jika musim hujan adalah rutin melakukan penyemprotan pestisida agar mawar tahan terhadap guyuran hujan yang biasanya mengakibatkan bunga mawar rusak . Jika disimpan pada tempat yang mengadaptasi konsep rumah kaca semisal di bawah naungan kanopi, cukup disiram dua hari sekali apabila sedang musim hujan.

Cara merawat mawar agar rajin berbunga melakukan pengobatan  secara rutin  agar tanaman mawar Anda tidak terserang hama. Jika terserang hama, tentunya pertumbuhan mawar akan terhambat dan bahkan bisa mati karenanya. Untuk itu penyemprotan obat insektisida dan atau fungisida perlu dilakukan minimal sebulan sekali dan maksimal 2 minggu sekali jika musim panas. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan tanaman liar disekelilingnya.

No comments:

Post a Comment